Cara menggunakan drone bagi pemula

Penggunaan drone kian meningkat jumlahnya,pesawat tanpa awak ini memiliki kelebihan khusus yang mampu mengambil gambar dari ketinggian tertentu yang berdampak pada keunikan sudut oandang yang di hasilkan si drone tersebut.Banyak sekali sekarang anak muda yang mempunyai pesawat tanpa awak ini namun tidak sedikit orang yang mengetaahui cara yang benar memainkan drone.Khusunya untuk pemula yang masih belum mengetahui cara menerbangkannya. baca juga : cara merawat drone dengan mudah

Untuk pemula yang masih belajar menggunakan drone,Anda akan merasakan banyak kekhawatiran ketika ingin menerbangkan drone.Apalagi kalau menerbangkannya terlalu tinggi, terbawa angin, menabrak benda keras, keluar dari jangkauan remote control hingga takut nyangkut di pohon.Tapi itu semua adalah proses dari awal untuk menjadi profesional.

Sebelum menerbangkan kenalilah drone tersebut dari mulai fungsi  dan peralatan yang lain.Bacalah buku panduan yang ada di dalam kemasan drone pahami isinya sampai selesai.Pesawat drone sendiri ukurannya mini dan ditunjang oleh empat  baling-baling. Drone tidak bisa diterbangkan dengan sembarangan. Saat  menerbangkan drone haruslah memperhatikan ketinggian dan tekanan angin
yang ada Perhatikan kondisi sekitar apakah layak untuk lepas landas atau tidak.

Ada beberapa aspek yang perlu di perhatikan sebelum menerbangkan drone ,simak langkah di bawah ini agar saat menerbangkan drone lancar dan aman.

1. Selalu cek drone dan alat pendukung lainya pastikan drone dalam keadaan baik.

2. Pastikan memiliki baterai lebih dari satu karena baterai hanya mampu bertahan 15 menit waktu optimal,dan pastikan memiliki charger lebih dari satu karena pengecasan sampai penuhnya baterai memakan waktu 200 menit.

3. Menentukan wilayah operasi penerbangan dengan Matbar (pengamatan dan
penggambaran) lintasan terbang drone.Perhatikan kondisi cuaca,arah mata angin dan suhu udara.

4. Kemudian hal yang terpenting adalah gangguan sekitar yang dapat menghambat pergerakan drone carilah lingkungan yang terhindar dari banyaknya pohon,gedung dan tempat bertingkat.Sementara itu aspek dari gelombang dapat juga mengganggu si drone,pastikan saat lepaslandas terhindar dari gelombang radioelektromaknetik.Lapangan tempat yang cocok untuk pemula saat menerbangkan drone.

5. Jangan sampai kita melanggar aturan atau merugikan orang lain.Dalam menerbangkan drone di Indonesia harus memiliki izin. Peraturannya pun sudah dibuat oleh Menteri Perhubungan. Agar tidak menggangu privasi, merugikan atau bahkan mencederai orang lain, terbangkanlah drone di area pribadi atau area publik dengan meminta izin terlebih dahulu dan menerbangkannya dengan hati-hati.

6. Jika menerbangkan dengan mode GPS, pilihlah satellite lock sebelum tinggal landas.Bila menerbangkan dalam mode fully autonomous, lakukan simulai terlebih dulu.

7. Kalibrasi Penunjuk arah, kompas dan sensor lainnya sesuai petunjuk manual drone.

8. Saat lepas landas pilih tempat yang aman di ruang terbuka seperti di lapangan.


Setelah pemaikaian selalu perhatikan juga keadaan drone dan bersihkan dari kotoran dan debu.Hati-hatilah dalam menggunakanya jangan sampai menggangu orang lain.Menerbangkan drone memang mengasyikan latihlah skill anda dalam menerbangkanya.

Semoga bermanfaat gaes.

Related Posts:

3 Responses to "Cara menggunakan drone bagi pemula"

  1. eToro is the ultimate forex trading platform for newbie and professional traders.

    ReplyDelete
  2. makasih min artikelnya ini membantu sekali...
    timah pasta

    ReplyDelete